Marita Cahya
Purnama/ K7117136/ 3
Longitudinal
Impacts of Home Computer Use in Early Years on Children’s Social and
Behavioral
Development
Analisis Artikel Dampak Penggunaan Komputer Rumah/
Internet Pada Awal Perkembangan Sosial dan Perilaku Anak-Anak Berdasarkan
Metode Longitudinal
Penelitian
ini mengungkapkan efek media kompter di rumah/ penggunaan internet di usia pra
sekolah-SD dan hubungannya dengan perkembangan sosial dan perilaku anak seperti
pengaturan diri, perilaku anti-sosial dan perilaku pro-sosial. Subjek penelitian terdiri dari 2000 anak di
Indonesia mulai usia 3-11 tahun. Longitudinal sebagai metode penelitian,
analisis data menggunakan regresi linier hirarkis dan analisis jalur. Instrumen
yang digunakan pada penelitian ini berupa wawancara dan kuisioner untuk orang
tua, kuisioner siswa, penilaian guru terhadap murid, standar penilaian, dan
skor penilaian nasional untuk setiap tahapan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa penggunaan internet khususnya untuk bermain game oleh anak-anak berdampak
negatif pada perilaku pro-sosial anak, seperti bertindak agresif dan peka
terhadap perilaku kekerasan.
Pada
bagian pendahuluan peneliti memaparkan kontroversi antara pro dan kontra
penggunaan internet pada anak usia pra sekolah-sekolah dasar. Didukung berbagai
jurnal, peneliti mengemukakan perspektif teoretis tentang penggunan internet
dengan perkembangan sosial dan perilaku lebih banyak bernilai positif, seperti
dengan adanya TIK anak bisa belajar konstruktivis. Namun pada penggunaan TIK dan hubungan interpersonal,
lebih banyak efek negatif seperti mengurangi interaksi bertatap muka dengan
keluarga dan menimbulkan depresi. Dalam pembahasan disajikan 13 tabel yang
saling berkaitan yang intinya membahas penilaian sosial dan perilaku anak
seperti skor hiperaktif, skor pengaturan diri, dan perilaku anti sosial pada
fase perkembangan anak. Anak-anak yang lebih banyak menggunakan internet secara
rekreatif dari pada sisi edukatifnya. Game online lebih banyak berkonotasi
negatif tentu menimbulkan dampak yang tidak baik terhadap perkembangan sosial
dan perilakunya anak. Penggunaan internet pada anak usia pra sekolah-sekolah
dasar efeknya timbul berkelanjutan sering perkembangan sosial dan perilaku
anak. Berbagai efek longitudinal yang muncul diantaranya pada aspek gender
anak/siswa, status sosial ekonomi keluarga, dan tingkat pendidikan ibu. Dari
penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pengaturan diri yang tinggi dan
pro-sosial/ tidak hiperaktif muncul pada anak perempuan, tingkat pendidikan ibu
yang tinggi dan anak yang skornya tinggi di awal tahun. Sementara pengaturan
diri yang rendah dan hiperaktif muncul pada anak laki-laki yang biasa bermain
game online, anak yang padamasa pra sekolah memiliki masalah keluarga, dan anak
dari keluarga miskin
Peneliti
tidak dapat menyatakan dengan jelas mengapa dan bagaimana bermain game online
dapat menyebabkan penurunan sosial / perilaku anak-anak. Peneliti hanya
mengutip suatu pernyataan bahwa game yang mengandung agresif menjadikan anak
tidak peka terhadap kesulitan orang lain disekitarnya. Namun demikian peneliti
sudah dengan cermat dan lengkap dalam usahanya memaparkan tabel meski masih
sulit dipahami. Sebaiknya dipenelitian selanjutnya peneliti dapat menjawab
pertanyaan dengan jelas sehingga tujuan penelitian tercapai.
Artikel
ini membahas tentang internet dan dampak penggunaannya pada anak-anak. Artikel
semacam ini penting untuk dibaca sebagai referensi orang tua dan guru mengingat
dunia pendidikan kini memanga terikat dengan teknologi seperti internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar